DIANPINSAT, MEMBENTUK JIWA KEPEMIMPINAN PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA

Kitri Bakti (28/09) — Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) bagi Penegak dan Pandega di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug.

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, Jumat-Minggu, 28 sampai 30 September 2018 diikuti ratusan peserta dari gugus depan di Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Kwarcab Kabupaten Tangerang Dadang Sudrajat mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anggota Pramuka tingkat Penegak dan Pandega dalam mengelola kegiatan di tingkat gugus depan.

Selain itu, sebagai anggota jelang usia dewasa, Penegak dan Pandega juga dituntut mampu berkiprah lebih luas ditengah-tengah masyarakat.

“Disini peserta dibekali dua aspek, yaitu bagaimana memimpin dan dipimpin. Mengelola kegiatan di ambalan (gugus depan), memimpin rapat, mengurus administrasi. Jadi mereka mampu merencanakan dan melaksanakan program di gugus depan,” bebernya, Jumat (28/9/2018).

Lanjut sosok yang akrab disapa kak Dadang ini, kapasitas dan kapabilitas kepemimpinan menjadi aspek penting dalam sistem pendidikan organisasi kepanduan tersebut. Metode pelatihan Pramuka yang dikenal dengan sistem among itu diharapkan mampu membentuk mental dan karaktek anggota Pramuka ditengah situasi zaman yang semakin penuh tantangan.

“Dalam pelatihan ini, selain soal kepemimpinan, mereka juga nanti mendapatkan materi soal kewirausahan, sehingga kami harapkan, anggota Pramuka mampu membangun kemandirian ekonomi,” jelasnya.

Harapan itu, lanjutnya, karena saat ini Pramuka juga harus merespon perkembangan zaman yang bergerak pesat, sehingga dengan berbagai pelatihan yang diberikan, Penegak dan Pandega di Kabupaten Tangerang mampu menjadi kelompok usia produktif yang terus berkarya dan berguna.

“Harapan ini sejalan dengan program pak Bupati (Ahmed Zaki Iskandar) yang juga menginginkan pemuda di Kabupaten Tangerang produktif dan mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada,” imbuhnya.

Selama tiga hari tersebut, peserta akan dibekali berbagai materi terkait kepemimpinan, manajemen, keterampilan berorganisasi dan kewirausahaan. Sebelumnya, mereka juga telah mendapatkan pelatihan jurnalistik serta kepemimpinan dasar.

“Setelah pelatihan demi pelatihan ini, kita akan melihat kompetensi mereka apa, itu yang akan terus kita kembangkan,” tandasnya. (MRI/RGI/TangerangNews/Humas)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.