DISPORABUDPAR LAKUKAN KEGIATAN PENINGKATAN SADAR WISATA MELALUI SAKA PARIWISATA

Curug (16/03) — Sebanyak 100 ┬ápelajar yang berasal dari berbagai SMA, SMK dan MAN di Kabupaten Tangerang dilantik sebagai anggota Pramuka Saka Pariwisata di Aula Kitri Bakti Kwarcab Kabupaten Tangerang, Jumat (16/3/2018).

Para anggota Pramuka Saka Pariwisata yang sebelumnya mengikuti Open Rekruitmen dari mulai Oktober 2017 Terdaftar 187 orang calon anggota menerima pembekalan tentang kepramukaan dan kepariwisataan setiap minggu selama 3 kali pertemuan pada tanggal 15 oktober, 12 Nopember dan 17 Desember 22017, saat pelantikan hanya 100 orang dikarenakan faktor terbenturnya dengana Ujian anak sekolah.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Tangerang Drs H. Achmad Taufik, M.Si dalam arahan umumnya Anggota saka yang mengikuti Kegiatan Peningkatan Sadar Wisata melalui Saka Pariwisata Tahun 2018 diminta ikut membantu promosi pariwisata dan melakukan pendataan potensi budaya dan wisata di daerah sehingga potensi wisata tersebut dapat mengangkat potensi kecamatan masing-masing. Saka Pariwisata juga diharapkan ikut mendukung kampanye Sapta Pesona Sadar Wisata khususnya di kalangan generasi muda dan anggota pramuka pada umumnya.

Kegiatan Peningkatan Sadar Wisata melalui Saka Pariwisata Tahun 2018 dilaksanakan selama 2 hari dimulai tanggal 15 sampai 16 MAret 2018 dengan materi Peran Fungsi Anggota Saka Pariwisata dalam rangka meningkatkan kesadaran wisata sampaikan oleh Andalan Daerah Kwarda Banten, Kemampuan Retrorika oleh Presiden MAhasiswa Univeritas Muhamadiyah Tangerang, Medical First Respondend oleh Pengurus SAka PAriwisata Kab Tangerang dan Tehnik dan Kemampuan Guide DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Provinsi Banten.

Pelantikan Anggota Saka dan Pengurus Dewan Saka dilakukan oleh Ketua Umum Pimpinan Saka Pariwisata Kak. Raden Maftuh Hasan Harkoni, SP., M.Si selalu Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata pada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang. Maftuh mengatakan, dengan dilantikanya anggota pramuka Saka Pariwisata, bukan menjadi akhir kegiatan Saka pariwisata, tetapi justru menjadi awal untuk melangkah menyumbangkan tenaga dan pikiran demi pembangunan kepariwisataan.

“Sebagai anggota pramuka Saka Pariwisata, tentunya patut berbangga diri karena bisa menjadi bagian dari generasi muda yang peduli dan berminat mengembangkan sektor pariwisata. Sektor pariwisata ini mampu menjadi pengungkit pembangunan sektor lainnya dan juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, Ujar Maftuh.

Anggota Pramuka Saka Pariwisata, juga diminta memanfaatkan media sosial yang dimilikinya untuk membantu promosi wisata di Tangerang. Promosi melalui media sosial dinilai mampu menembus kalangan masyarakat banyak, khususnya generasi muda.

Sementara itu Ketua Harian Saka (Pinsaka) Pariwisata yang juga Kepala Seksi Pariwisata pada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang, Hj. Murtasiah, M.Si mengatakan, Saka Pariwisata merupakan wadah pendidikan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membina dan mengembangkan ketrampilan di bidang pariwisata.

Menurutnya Kak Tutut Panggilan akrabnya, dalam Saka Pariwisata ada tiga krida yakni Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Wisata, dan Krida Kuliner Wisata. Ketiga hal yang masuk dalam Saka Pariwisata ini diharapkan dapat mendukung dan ikut mensukseskan program sadar wisata yang berprinsip pada Sapta Pesona Wisata yakni aman, tertib, bersih, ramah, sejuk, indah, dan kenangan terakhir.

Dikatakan juga oleh Andalan Cabang Urusan Saka Pariwisata Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang, Kak Nanang Chaeroni,M.Pd, bahwa potensi generasi muda Indonesia sangat besar, program revitalisasi Gerakan Pramuka sejak sembilan tahun belakangan ini telah mengalami peningkatan cukup signifikan dengan makin bertambahnya anggota Pramuka. Sebagai sarana pendidikan non formal, Gerakan Pramuka sangat tepat untuk membentuk karakter pribadi generasi muda bangsa. Apalagi Pariwisata merupakan Program Priorotas dan Unggulan Presiden Jokowi. Kak Nacha berharap anggota yang sudah dilantik mudah-mudahan dapat membantu dan mensukseskan program Pariwista di daerah Kabupaten Tanagerang khususnya. (Nacha/Saka Pariwisata/Humas)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.