KWARRAN PASARKEMIS GELAR DIANPINRU DAN DIANPINSAT

PASARKEMIS (25/10). Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang Kak H. Adiyat Nuryasin, M.Si resmi membuka Kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) dan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Pasarkemis. Kegiatan yang diikuti oleh Pramuka Penegak dan Penggalang tersebut berlangsung sangat meriah, tertib dan lancar.

Pembukaan acara dilaksanakan pada hari Rabu, 25 Oktober 2017 dan dihadiri oleh seluruh unsur Mabiran dan Jajaran Muspika. Camat Kecamatan Pasarkemis Kak H. Nawawi, SH.MSi Ketua Kwartir ranting Pasarkemis kak Ade Sunaryo, SPd.M.M. pada saat Upacara Pembukaan, Koramil Pasarkemis, Kapolsek, Kepala Puskesmas Pasarkemis, Kepala Puseksams Kutabumi, Ketua KUA, MUI, Ketua Koordinator Pengawas, Ketua PGRI Cabang, Ketua K3S, Seluruh Para Mabigus dan Pembina Pendamping OKP Kepemudaan, Aparatur Pemerintah setempat dan Ketua DKM  juga hadir pada saat pembukaan.

Acara tersebut diikuti oleh 1576 peserta yang merupakan para ketua dan wakil ketua Sangga maupun Regu se-Kwartir Ranting Pasarkemis. Dalam kesempatan tersebut sebanyak 10 orang Pramuka Siaga, 5 orang penggalang, 1 orang penegak disematkan lencana Pramuka Garuda oleh Kak A. Adiyat Nuryasin, M.Si selaku pembina upacara dan juga penyematan Lencana Penghargaan Pancawarsa I kepada Kepala Puskesmas Pasarkemis. Acara yang akan dilaksankan selama 4 hari dari tanggal 25-28 Oktober 2017 tersebut akan diisi oleh berbagai materi kegiatan yaitu :

  1. Dinamika Kelompok
  2. Pengertian Dianpinsat dan Danpinru
  3. Pengelolaan Administrasi
  4. Organisasi
  5. Dewan Penggalang
  6. Upacara Satuan
  7. Kepemimpinan
  8. Pencapaian SKU, TKU, SKK, TKK, SPG dan TPG
  9. Teknik Berkemah
  10. Seragam dan Atribut
  11. Pengelolaan Sampah dan Pembuatan Pupuk Kompos oleh Puskesmas Pasarkemis

Materi tersebut sesuai dengan Juklak penyelenggaraan Dianpisat dan Dianpinru sebagaimana yang disampaikan oleh ketua pelaksana Kegiatan Kak Luwih, M.Pd dalam laporannya pada saat pembukaan acara beliau menyampaikan bahwa “Dianpinsat dan Dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, khususnya penggunaan sistem satuan atau beregu dalam pasukan.

Dianpinsat dan Dianpinru merupakan sarana pemberian gladian atau latihan bagi pemimpin Satuan atau regu dan wakil pemimpin Satuan/Regu untuk mengembangkan kepemimpinan, meningkatkan kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dalam tehnik kepramukaan, menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai pemimpin atau wakil pemimpin yang semuanya itu diperlukan sebagai bekal untuk mengelolah dan memimpin satuan/regunya dan membina kerjasama yang baik dalam pasukannya. Dianpinsat/Dianpinru juga merupakan sarana bagi para Pembina pramuka dan pembantu Pembina pramuka untuk menerapkan sistem among, yaitu memberi kepercayaan dan tanggung jawab kepada para pemimpin dan wakil pemimpin, untuk bersama-sama belajar mengelolah dan memimpin Satuan ataupun regunya”.

Seusai upacara pembukaan acara ditutup dengan sesi pemotretan Kwarcab dengan Para Mabigus, penerima penghargaan dan para pengurus Kwarran, kemudian dilanjutkan dengan pementasan Seni Lenggang Cisadane oleh Pramuka SDN Kutajaya I.

  1. Sebagai penutup acara akan dilakukan oleh Camat Kecamatan Pasarkemis Kak H. Nawawi, S.H.MM selaku ketua Majelis Pembimbing Ranting Pasarkemis yang dalam sambutannya beliau menyampaikan Ucapan Terimakasih kepada seluruh unsur pada penyelenggara pelaksana kegiatan :
  2. Peserta perkemahan adalah pemimpin regu yang harus mampu menunjukan perubahan sikap intelektual dan kepedulian sosial setelah mengikuti kegiatan perkemahan
  3. Tetap menjaga kebersihann lokasi perkemahan
  4. Memanfaatkan waktu istirahat dirumah bersama orang tua/keluarga
  5. Kepada kepala sekolah agar mengutus dua orang Pembina untuk mengikuti kegiatan KMD Pembina pramuka pada bulan Desember tahun 2017 yang di laksanakan di cibodas cianjur
  6. Tentang secretariat kwarran pemerintah kecamatan mendukung dalam perencanaan dan pembangunan gedung secretariat di Kwarran.

Acara tersebut terselenggara atas upaya bersama dan kerjasama panitia dengan Mabigus, Pembina, Unsur Pemeritahan, Muspika, OKP Kepemudaan, Warga Sekitar, Perusahan dan intansi intansi yang tidak mengikat, serta mendapat doantur dari berbagai intansi Camat Kecamatan Pasarkemis, Bang BJB, Kolam Renang Funfark, Auto2000, Bank BNI, CV. Noor Anissa Chemical, serta sumbangan warga Pasarkemis. (AS/Kwarran Pasarkemis/Humas Kwarcab)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *