LAPANGAN MAULANA YUDHA NEGARA JADI SAKSI KEMERIAHAN HARI PRAMUKA KE-57 TINGKAT DAERAH BANTEN

Tigaraksa (18/08) — Kabupaten Tangerang sukses menjadi tuan rumah kegiatan upacara Hari Pramuka ke-57 yang bertajuk “Gelar Senja” tingkat Daerah Banten, pasalnya acara ini berlangsung meriah dan penuh makna. Kegiatan yang diselenggarakan gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kabupaten Tangerang itu digelar di lapangan Maulana Yudha Negara, Perkantoran Pemda Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, Sabtu (18/08/18) pukul 16.00 WIB.

Bukan hanya upacara nan hikmat yang membuat acara ini begitu menarik, banyak penampilan dari para Anggota Pramuka Kabupaten Tangerang seperti penampilan marching band dan atraksi paramotor oleh Saka Dirgantara Kabupaten Tangerang.

Lapangan Maulana Yudha Negara menjadi seksi kemeriahan kegiatan yang melibatkan 3.640 anggota Pramuka se- Banten terdiri dari terdiri dari 464 golongan Penggalang, 464 golongan Penegak dan Pandega,170 Pembina, 674 Siaga, Penggalang dan Penegak Pramuka Garuda,50 unsur Mabicab SKPD,50 Anggota Dewan, 116 dari unsur Kwartir Ranting, 116 dari unsur Dewan Kerja Ranting, 260 anggota Satuan Karya (Saka) serta  1.294 tamu undangan.

Petugas upacara, pengucapan Pancasila, UUD 1945, dan Dasa Dharma dipilih dari golongan penggalang di Kabupaten Tangerang sedangkan Pemimpin Upacara dipilih dari golongan Penegak di Kabupaten tangerang dan adik adik siaga yang turut serta menutup kegiatan hut tersebut dengan Do’a yang hikmat penuh makna.

Kak Andika Hazrumy selaku Wakil Majelis Pembimbing Daerah Banten, bertindak sebagi pembina upacara dan kak Hendra S.Ap. mendampingi beliau sebagai perwira upacara. Dalam sambutannya, beliau berharap Gerakan Pramuka yang telah berusia 57 tahun ini, senantiasa berpegang teguh pada kode etik serta memegang teguh jiwa Nasionalisme yang mulai pudar di era modernisasi ini.

“Jadikan hari jadi gerakan Pramuka yang ke – 57 ini sebagai momentum untuk berkontribusi positif pada pendidikan karakter pada generasi muda Provinsi Banten melalu gerakan Pramuka”, pesan kak Andika.

Pada kesempatan ini disematkan pula Lencana Darma Bhakti dan Lencana Pancawarsa oleh Kak Masduki selaku Kamabida Banten. Diantara yang disematkan adalah Kak Moch. Maesyal Rasyid, selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Kak Soma Atmadja, Kak M. Taufik dan Kak Arsyad Husein.

Ada yang lebih meriah dari rangkaian kegiatan ini, yaitu ada sebanyak 640 anggota Siaga, Penggalang dan Penegak disematkan medali Pramuka Garuda oleh orang tua/wali yang turut diundang. Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda.

Ada peristiwa yang menginspirasi sekaligus pembuktian bahwa Anggota Pramuka Garuda memang memiliki jiwa kepemimpinan dan sosial yang tinggi. Adalah Putri Utami, seorang Anggota Penggalang Pramuka Garuda dari Pangkalan MTsN 4 Tangerang, sebelum acara dimulai sempat menolong orang yang kecelakaan tunggal di jalan raya dan mengantarkan sampai ke klinik. (Sunasi/Wyly/Humas)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.