Warga Binaan Rutan Tak Mau Kalah Dalam Kepramukaan

Jambe, Jum’at (30/09), Kwarcab Kabupaten Tangerang mengunjungi Rutan Klas 1 Tangerang di Kecamatan Jambe. Pada kesempatan ini Kwarcab Tangerang mengutus Sekretaris Kwarcab, Kak Dadang Sudrajat yang didampingi  Ancab Urusan Usaha, Kak Juhri Saputra, Ancab Humas dan Pengabdian Masyarakat, Kak Wyly Muldani,  serta beberapa pengurus DKC. Kunjungan ini disambut langsung oleh Karutan Klas 1 Tangerang, Kak Kadiyono, Bc., IP., S.IP., M.Si..

1-2

Ket Gambar : Karutan Klas 1 Tangerang (baju batik) menyambut kedatangan rombongan Kwarcab Tangerang

Kegiatan kunjungan ini merupakan prakarsa Kak Budi, selaku Pembina Pramuka di Rutan Klas 1 yang berkoordinasi dengan Ketua Kwarran Jambe, Kak Ahmad Badri, untuk mengundang Pengurus Kwarcab. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada Anggota Pramuka Rutan Klas 1 serta meninjau langsung kegiatan latihan Kepramukaan di Rutan Klas 1 Tangerang tersebut. Kegiatan Kepramukaan di Rutan ini dilatih oleh Kak Idghom dari Kwarran Jambe.

14432986_1773982866194789_1168964888517879063_n

Kak Idghom Kwarran Jambe tengah melatih Anggota Pramuka Warga Binaan Rutan Klas 1 Tangerang

Rutan Klas 1 Tangerang merupakan Rumah Tahanan yang dihuni oleh kurang lebih 1500 tahanan usia dewasa (18+) dan semuanya laki-laki. Menurut Kak Budi rata-rata tahanan disini merupakan para tahanan dalam kasus narkoba. Ada 20 Warga Binaan yang terpilih menjadi Anggota Pramuka Rutan Klas 1 Tangerang dengan rentang usia 18-25 tahun. Mereka adalah Warga Binaan yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu sebelum pada akhirnya bisa mengikuti Kegiatan Pramuka di Rutan tersebut.

“Bahkan mereka pada Jambore Nasional di Cibubur kemarin mendapat perhatian Kak Kwarnas karena merupakan peserta Jambore khusus dengan pengawalan”, jelas Kak Budi.

1-3

Ket Gambar : (kiri-kanan) Kak Yoga, Kak Dadang, Kak Budi

Kegiatan selanjutnya yang akan mereka ikuti adalah Bhakti Sosial ke Garut berkaitan dengan bencana alam yang terjadi disana. Mereka akan bergabung dengan Anggota Pramuka dari berbagai daerah untuk turut mengikuti kegiatan Bhakti Sosial membantu korban bencana.

Karutan Klas 1 Tangerang mendukung penuh kegiatan Kepramukaan di Rutan tersebut. Menurut beliau kegiatan Pramuka itu merupakan kegiatan yang baik dan positif.

“Dimanapun adanya Kegiatan Kepramukaan pada dasarnya adalah untuk membentuk sikap mental disiplin setiap orang, tak terkecuali walaupun ada di dalam Rutan, kita punya tugas yang sama”, jelas Kak Kadiyono.

1-4

Ketua Kwarran Jambe beserta rombongan Kwarcab Tangerang dan Karutan Klas 1 Tangerang

Menurut beliau, Kegiatan Kepramukaan di dalam Rutan ini bukan tanpa kendala. Kendalanya diantaranya adalah latar belakang pendidikan dari Warga Binaan yang rata-rata adalah lulusan SD saja. Namun menurut Kak Kadiyono, para pembina di Rutan mempunyai tekad untuk memperkenalkan Kepramukaan kepada mereka. Kendala selanjutnya adalah seleksi yang ketat kepada Warga Binaan yang ingin menjadi Anggota Pramuka.

“Kita enjoy-enjoy saja dalam kegiatan ini, dengan kebersamaan, transfer ilmu Kepramukaan baik dari para pembina di Rutan maupun dari Kwarran dan Kwarcab dapat menguatkan mental mereka untuk menjadi orang yang lebih baik dan tangguh”, tegas Kak Kadiyono.

1-1

Ancab Urusan Usaha, Kak Juhri bersama Pengrajin Warga Binaan Rutan Klas 1 Tangerang

Di sela-sela kunjungan ini, Kak Dipi dan Kak Ari sebagai Pengurus DKC memberikan sedikit permainan kepada Anggota Pramuka Warga Binaan. Seluruh Anggota tampak gembira mengikuti kegiatan tersebut. Rombongan pun di ajak untuk melihat-lihat Kerajinan Tangan, Budidaya Ikan Lele dan Tanaman yang dikelola Warga Binaan. (hms)

1 thoughts on “Warga Binaan Rutan Tak Mau Kalah Dalam Kepramukaan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.