H. HERMANSYAH MEMBUKA SECARA RESMI RAKERCAB TAHUN 2016

Rabu (21/12), Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang Tahun 2016 digelar di Aula Gedung Kwarcab Kabupaten Tangerang. Acara yang dihadiri oleh para Andalan Cabang, perwakilan pengurus Kwartir Ranting, Dewan Kerja Ranting dan Dewan Kerja Cabang dibuka resmi oleh Ka Kwarcab, Drs. H. Hermansyah.

Sebelum dibuka secara resmi, acara diawali dengan laporan Ketua Panitia, Ka Maesyal Rasyid yang juga selaku Waka Bidang Keuangan, Usaha dan Prasarana. Dilanjutkan dengan mendengarkan paparan dari Ketua Harian, Ka Adiyat Nuryasin. Dalam paparannya, Ka Adiyat mengatakan bahwa Rakercab ini akan membahas seluruh problematika Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang. Masalah-masalah tersebut tertuang dalam tujuh rencana strategis (Renstra) yang telah disusun sebelumnya.

Rencana Strategis tersebut hadir dari analisis yang mendalam terhadap kekuatan, kelamahan, peluang serta ancaman yang ada pada Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang. Diantara ketujuh rencana strategis tersebut, Kwarcab Kabupaten Tangerang merencanakan akan meningkatkan kualitas Pembimbing, Pembina, Pelatih dan tentunya Peserta Didik.

Masih dalam paparannya, rencana strategis lainnya adalah meningkatkan peran serta masyarakat, satuan karya serta peningkatan peran dan fungsi Kwartir Ranting. Selain itu peran Pramuka Kabupaten Tangerang dalam Pengabdian Masyarakat dan Kehumasan pun tidak luput menjadi rencana strategis selama 5 tahun kedepan. Dalam hal sarana dan prasarana Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Kwarcab sudah memiliki Gedung yang sedikit demi sedikit semakin lengkap. Diharapkan kelengkapan sarana dan prasarana ini akan merata sampai ke Kwartir Ranting.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab, Ka Dadang Sudrajat, beliau memaparkan mengenai rencana strategis pembenahan administrasi Pramuka. Saat ini sedang dikembangkan Aplikasi berbasis website yang diberi nama SIAP (Sistem Informasi Anggota Pramuka). Aplikasi ini diharapkan dapat menjawab masalah yang selama ini sering timbul yaitu masalah Kartu Tanda Anggota (KTA). Lebih dari itu melalui aplikasi ini nantinya akan diketahui jumlah riil anggota pramuka aktif dan yang tidak aktif.

“Tentu nanti akan ada fasilitas filter atau pengelompokan anggota pramuka berdasarkan kriteria tertentu”, jelasnya.

Seluruh paparan mengenai Renstra (Rencana Strategis) tersebut disambut baik oleh Ka Hermansyah. Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dari tingkat Cabang sampai tingkat Ranting atas kontribusinya dalam mengembangkan kegiatan Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang. Selanjutnya beliau berharap melalui Rakercab Tahun 2016 ini, seluruh tantangan kegiatan gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang dapat terjawab.

Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan rapat pleno yang dibagi kedalam beberapa komisi. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.