Rapat Koordinasi dan Tasyakuran Gedung Kwarcab

Curug, Minggu (18/09), Aula Gedung Kwarcab Tangerang yang berlokasi di Area Bumi Perkemahan Kitri Bhakti dipenuhi Pengurus Kwartir Cabang dan Pengurus Kwartir Ranting se-Kabupaten Tangerang. Pasalnya, hari ini akan diadakan tasyakuran gedung Kwarcab yang baru serta digelar rapat koordinasi Pengurus Kwarcab dengan Pengurus Kwarran. Rapat Koordinasi yang rutin dilaksanakan sebelumnya, kali ini untuk pertama kalinya diadakan di Aula Gedung Kwarcab yang baru dipimpin oleh Waka Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, Kak Adiyat didampingi Waka Bidang Organisasi dan Hukum, Kak Komarudin serta oleh Sekretaris Kwarcab, Kak Dadang Sudrajat.

img_2032

Dalam sambutannya Kak Komarudin mengatakan bahwa akan menjadi sia-sia Gedung Kwarcab yang baru ini dibangun, jika tidak memberikan semangat untuk lebih meningkatkan prestasi yang selama ini sudah tercapai. Dia mengajak kepada seluruh Pengurus Kwarcab dan Pengurus Kwarran untuk lebih berperan aktif dalam pengabdiannya kepada organisasi Pramuka serta terus memberikan sumbangsih Ide dan Gagasannya untuk kemajuan Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan yang akan disusun dan diselenggarakan dalam lima tahun kedepan harus merupakan kegiatan yang lebih terasa maknanya dan manfaatnya oleh masyarakat”, tegas Kak Komarudin.

img_2037

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan aspirasi Kak Kwarran dari 29 Kwartir Ranting se-Kabupaten Tangerang ini berlangsung seru. Banyak hal yang disampaikan oleh Kwartir Ranting terkait masalah-masalah Kegiatan Kepramukaan yang perlu di evaluasi. Diantaranya masalah KTA yang masih belum ter-administrasi dengan baik, masalah-masalah pada kegiatan Kwartir Ranting serta ajuan kegiatan untuk program kerja tahun 2017. Semua aspirasi tersebut ditanggapi langsung oleh para Waka dan Sekretaris Kwarcab.

Kak Adiyat menyoroti beberapa hal yang masih belum terlaksana dengan tertib. Diantaranya adalah Registrasi Gudep yang belum menyeluruh dan terintegrasi, tidak adanya kegiatan rutin Musyawarah Gugus serta laporan kegiatan Gugus Depan. Beliau juga menghimbau untuk lebih meningkatkan sinergi antara Gugus Depan tingkat SD dan SMP, penggunaan Buku SKU yang berkesinambungan dalam pengujian SKU dari tingkat SD ke SMP serta dilengkapi dengan Surat Keputusan Kecakapan.

img_2033

Sekretaris Kwarcab, Kak Dadang Sudrajat, menjawab permasalahan lain. Diantaranya tentang keberadaan Sekretariat Kwarran yang bias memanfaatkan ex Gedung Kecamatan atau gedung lain milik pemerintah Kecamatan. Untuk kepentingan tersebut, menurutnya perlu adanya penguatan hubungan antara Gugus Depan, Pengurus Kwarran dengan unsur Mabiran di wilayahnya masing-masing. Beliau pun membahas tentang akan dilengkapinya keabsahan penggunaan media informasi dengan paying hokum. Sehingga penggunaan media informasi yang digunakan selama ini dalam bentuk website, media sosial dan email akan menjadi media yang resmi yang sah untuk berbagi informasi.

Acara diakhiri dengan kegiatan Tasyakuran dan Doa serta dilakukan pemotongan tumpeng oleh Waka Bidang Pembinaan Anggota Dewasa disaksikan oleh seluruh peserta Rapat. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.