KWARRAN PASARKEMIS: PERKAJUSA MEMPERINGATI TAHUN BARU HIJRIYAH

PASARKEMIS (21/09). Memperingati Tahun Baru Hijriyah 1439 H, Pindah Golongan, dan Pelantikan Penggalang Ramu Pramuka Penggalang Gugus Depan 18.111-18.112 Pangkalan SD Negeri Sindangasari 1 menyelenggakan Kegiatan “Perkemahan Kamis –  Jum’at – Sabtu (Perkajusa)” di Gugus Depan Tersebut. Dan diikuti oleh 272 Peserta Penggalang SD yang merupakan kelas 5 dan kelas 6.

Kegiatan Perkajusa tersebut dibuka dan dihadiri oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Pasarkemis Kak Ade Sunaryo, S.Pd.MM beserta jajaran pengurus Kwarran. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang sangat menginspirasi tersebut dan layak di pertahankan sebagai kegiatan tahunan pagi pangkalan pangkalan lain. Pada kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih atas diselenggarakannya kegitan Perkajusa. Hal menunjukan bahwa Pramuka mampu menyesuaikan dengan moment dan keadaan apapun. Juga sebagai bentuk kepedulian sosial keagamaan yang berlandaskan Dasa Darma dan sesuai dengan Pancasila.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kak Hj. Sumarsih, S.Pd yang juga merupakan Dewan Kehormatan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Pasarkemis Periode 2015-2020, mengharapkan kegiatan ini dapat menanamkan kepekaan sosial keagamaan sekaligus menunjukan sikap saling menghormati antar umat beragama. Juga memupuk rasa kesatuan dan persatuan serta menumbuhkan sikap kepemimpinan.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 hari yakni dari hari Kamis, tanggal 21 September sampai dengan hari Sabtu, tanggal 23  September 2017 kedepan diisi dengan beberapa kegiatan mulai dari kegiatan keagamaan, kepramukaan dan kegiatan umum lainnya, serta kegiatan wide game yang menarik dan dapat menumbuhkan sikap gotong royong. Para peserta juga di diharuskan untuk mengurangi produksi sampah dari hasil makanannya yaitu dengan cara membawa dan mengkonsumsi makanan serta minuman menggunakan wadah yang mereka bawa sendiri dari rumah, dengan demikian produksi smpah dapat berkurang selama kegiatan. Hal ini sejalan dengan Program “KURASAKI” Kurangi Sampah Sekolah dan Sekitar Kita.

Selain dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriyah 1439 H, bersamaan dengan kegiatan tersebut juga dilaksanakan prosesi perpindahan Golongan dari Pramuka Siaga ke Pramuka Penggalang sebanyak 130 peserta, serta prosesi pelantikan dari Anggota Penggalang menjadi Penggalang Ramu sebanyak 142 peserta. (Red. KWARRAN PASARKEMIS/Humas Kwarcab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.