WEBINAR DESIMINASI KAPASITAS PENGELOLA MEDIA : SEKCAB INGIN KWARCAB TANGERANG “GO IT”

Tangerang – Sekretaris Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Kak Dadang Sudrajat, S.Sos., MM., M.Si., menjadi pemateri dalam kegiatan Webinar yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Banten, Kamis 3 Desember 2020.

Webinar ini bertajuk Desiminasi Kapasitas Pengelola Media yang juga di isi oleh Pemateri dari Kwartir Nasional, Kak Andi Widjanarko selaku Andalan Humas Kwarnas, dari Dinas Kominfo Provinsi Banten Kak Ir. Eneng Nurcahyanti, M.Si., selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi Banten dan Kak Ai Dewi Suzana selaku Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten.

Pada kesempatan ini Kak Dadang menjelaskan secara rinci bagaimana pengelolaan informasi dan proses publikasi yang sudah berjalan di Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang. Beliau menyampaikan bahwa sejak tahun 2016 sudah dicanangkan dalam salah satu Rencana Strategis Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang adalah pemanfaatan IT sebagai media informasi Kwartir Cabang. Hal ini dibuktikan dengan telah berjalannya Website Kwartir Cabang dan 29 Subdomain Kwartir Ranting yang dikelola secara mandiri oleh masing-masing Kwartir Ranting. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang sebuah aplikasi untuk pendataan anggota pramuka Kwarcab Tangerang yang disebut aplikasi SIAP. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi database anggota pramuka semua tingkatan yang ada di Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang.

“Output dari aplikasi ini adalah Kartu Tanda Anggota Pramuka Kwarcab Tangerang yang bisa diajukan melalui aplikasi oleh setiap Kwartir Ranting yang ada di Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Sementara itu Kak Andi, (dikutip dari media tangerangonline.id) Humas Kwarnas, menyampaikan pentingnya mempublikasikan kegiatan ini agar informasi mengenai kepramukaan tersampaikan pada masyarakat umum. Untuk mengidintifikasi kegiatan kepramukaan, maka tak salah setiap anggota pramuka menggunakan atribut saat memposting ke media.

“Perlu juga pakai scarf yang mengidentitaskan kepramukaan,” ungkapnya, seraya ditambahkan narasumber lain Eneng Nircahyati bahwa publikasi harus dilakukan pada setiap anggota pramuka pada semua tingkatan.

“Setiap anggota pramuka adalah pewarta, ” ucap Kepala Dinas Kominfo Prov Banten tersebut.

Webminar sendiri selain meghadirkan 4 narasumber, juga dihadiri melalui zoom meeting oleh ketua Kwarda Banten, H.M Masduki, para pengurus kwarda, serta para pengurus pengelola media kepramukaan yang tersebar Se Kwarda Banten. (Humas Kwarcab)

Share This:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.