Kwarcab Kabupaten Tangerang Pecahkan Rekor Scout Orienteering and Navigation

Tangerang – Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Banten, memecahkan rekor Gerakan Pramuka se-Indonesia pada acara webinar Scout Orienteering and Navigation. Acara ini dihadiri 4.116 peserta dari 24 kwartir daerah seluruh Indonesia melalui virtual Zoom meeting.

Pemecahan rekor jumlah peserta terbanyak pada pelatihan Scout Orientering and Navigation ini ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan Record Holder Republic (RHR) kepada Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Kamis (28/10/2021).

RHR menyerahkan penghargaan THE MOST PARTICIPANT OF HYBRID SCOUT ORIENTEERING AND NAVIGATION TRAINNING AND ORNAV MINI EVENT IN TANGERANG ON PANDEMIC ERA. Piagam penghargaan rekor dunia itu diserahkan oleh Presiden Asia RHR Lia Mutisari.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, mengatakan, rekor tersebut merupakan kali pertama yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka se-Indonesia.

Ketua Kwrcab, Moch. Maesyal Rasyid saat memberikan sambutan
Ketua Kwrcab, Moch. Maesyal Rasyid saat memberikan sambutan

“Hari ini kami dari Kwarcab Kabupaten Tangerang merasa bahagia karena dapat memecahkan rekor dunia pelatihan Scout Orienteering dan Navigasi, dan ini merupakan salah satu bentuk upaya Gerakan Pramuka dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat khususnya,” ucap Kak Maesyal.

Rangkaian acaranya sudah dimulai dari tanggal 26 hingga 28 Oktober di Ruang Rapat Cituis Lantai 5 Gedung Bupati Tangerang Jalan H Somawinata Nomor 1 Puspemkab Tangerang. Kegiatan tersebut diselenggarakan berkaitan dengan momentum dan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93, HUT Pramuka ke-60, dan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tangerang yang ke-389.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menyelenggarakan kegiatan keterampilan orientasi Pramuka dan navigasi sebagai komitmen untuk terus melakukan pembinaan generasi muda di Kabupaten Tangerang, di tengah situasi pandemi ini. Kegiatan ini juga untuk mempertebal dan memantapkan bentuk karakter Gerakan Pramuka di Kabupaten Tangerang sekaligus memperkuat jati diri dan karakter Pramuka yang tetap terjaga di tengah pandemi COVID-19 ini.

Di tempat yang sama, Sekertaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Dadang Sudrajat, menyebutkan pemecahan rekor dunia yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda tersebut menggambarkan semagat pemuda dan nasionalisme.

“Sebenarnya kami hanya menargetkan 2.000, akan tetapi animo dari masyarakat dalam hal ini anggota Pramuka sangat besar. Bahkan perwakilan dari 24 Kwartir Daerah turut mengikuti kegiatan pelatihan ini,” ucapnya.

Dia berharap Kwarcab Kabupaten Tangerang dapat menjadi role model tingkat nasional dalam melakukan kegiatan Orienteering and Navigation.

“Tentunya kegiatan ini adalah konsep yang nanti akan kita persiapkan jika nantinya kita (Kwarcab Kabupaten Tangerang) ditunjuk untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan Jambore Nasional di Tahun 2022,” ujar Kak Dadang.

Penyerahan Piagam RHR kepada Ketua Kwarnas, Ketua Kwarda Banten, Ketua Mabicab Tangerang, Ketua Kwarcab Tangerang dan Inisitator Acara
Penyerahan Piagam RHR kepada Ketua Kwarnas, Ketua Kwarda Banten, Ketua Mabicab Tangerang, Ketua Kwarcab Tangerang dan Inisitator Acara

Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Indonesia, Ahmad Rusdi, memberikan apresiasi kepada Kwarcab Kabupaten Tangerang. Acara tersebut merupakan prestasi yang membanggakan untuk Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia.

“Sungguh luar biasa, ini merupakan prestasi yang sangat gemilang untuk Kabupaten Tangerang dan juga Indonesia,” ucapnya.

(Pemerintah Kab.Tangerang/IQ/Dwd)
Nomor : PR /364 – DISKOMINFO / X / 2021

Pusinfo Kwarcab Tangerang

1 thought on “Kwarcab Kabupaten Tangerang Pecahkan Rekor Scout Orienteering and Navigation”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.