Tingkatkan Mutu Pendidikan Kepramukaan, Kak Rudi Turut dalam Pembinaan KMD

Tangerang – Sebagai salah satu upaya untuk menyiapkan pembina pramuka yang mahir dalam membina anggota pramuka, serta dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstrakulikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kwartir Cabang (KWARCAB) Gerakan Pramuka Kab. Tangerang mengadakan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) mandiri.

Kegiatan KMD yang diselenggarakan di Kwarran Pakuhaji dan Kwarcab Tangerang ini dilakasanakan selama 6 hari, dimulai pada Senin, 22 November hingga Sabtu, 27 November 2021 secara dalam jaringan (Daring) dan luar laringan (Luring).

Kegiatan yang melibatkan unsur-unsur Kwartir Cabang, Pusdiklatcab, Kwartir ranting serta Gugus Depan dilaksanakan dengan tetap melaksanakan prosedur protokol kesehatan covid-19.

Dalam kesempatan ini, ketua kwartir cabang Kabupaten Tangerang kak Moch Maesyal Rasyid atau yang akrab disapa dengan kak Rudi turut serta memberikan pembinaan dengan Mengisi Jam Pimpinan berupa penyampaian materi tentang Kepemimpinan dan Tujuan KMD.

Beliau menegaskan bahwa kegiatan KMD ini merupakan pembekalan bagi Pembina Pramuka yang didesain untuk menjadi Pembina Gugus Depan (GUDEP) di Pangkalan masing-masing.

“kakak-kakak yang saya cintai, KMD ini merupakan pembekalan bagi Pembina Pramuka yang didesain untuk menjadi Pembina Gugus Depan (GUDEP) di Pangkalan masing-masing, Sehingga pendidikan kepramukaan khusunya di Kwarcab Tangerang dapat terorganisasi dengan baik” Tutur kak Rudi

Kak Rudi juga menyampaikan bahwa tujuan KMD bukan hanya sekedar sebagai ajang silaturahmi, Tujuan dari KMD adalah memberikan lisensi kelayakan kepada pembina, meningkatkan kompetensi kepada pembina serta sebagai pemataan dalam mencukupu kebutuhan pembina.

Di akhir pembicaraannya kak Rudi sangat berharap besar kepada pembina-pembina di Gudep, karena Kwarcab Tangerang tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dari Gugus Depan dan berharap dengan kegiatan KMD ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas anggota pramuka di Gudepnya masing-masing.

“Saya bangga dan berharap banyak kepada kaka-kaka sekalian, saya harap sepulangnya kakak-kakak dari kegiatan KMD ini kakak bisa mengimplementasikan pembelajaran-pembelajaran yang sudah disampaikan oleh kakak-kakak pelatih agar tercapainya peningkatan karakter, kecakapan dan keterampilan peserta didik serta peningkatan SKU, SKK sampai SPG berupa TKU, TKK dan TPG” Tutur kak Rudi. (Pusinfo) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.