Kampung Batik Giriloyo, Rintisan Kampung Pramuka di Bantul yang Hadirkan Banyak Potensi Wilayah

Bantul – Hari pertama kegiatan Pembinaan Kompetensi Kwartir Ranting se-Kabupaten Tangerang dilaksanakan di Kampung Batik Giriloyo, Wukirsari, Bantul. (01/07) 

Rombongan diterima langsung oleh Wakil Ketua (Waka) Kwarcab Bantul Bidang Pengabdian Masyarakat (Abdimas), Kak Drs. Supriyanto Widodo, MT. bersama Lurah Wukirsari, Kak Susilo Hapsoro, S.E., dalam hal ini sebagai Kamabigus Teritorial di wilayahnya dan di dampingi oleh Staff Sekretariat Kwarda DIY. 

Lurah Wukirsari menyampaikan beberapa potensi wilayah Wukirsari diantaranya batik, tatah sungging, gurah dan seni tari. Masih dari penjelasan Lurah Wukirsari, beliau menyampaikan bahwa Kalurahan Wukirsari ini merupakan rintisan Kampung Pramuka di Bantul, di mana terdapat Pendopo Among Budoyo yang merupakan bantuan dari WOSM Foundation yang diresmikan oleh Raja Carl XVI Gustaf, tahun 2012.

Waka Kwarcab Bidang Abdimas Bantul berharap kunjungan ini dapat menjalin silaturahmi di antara Kwarcab Bantul dan Kwarcab Kabupaten Tangerang.

Sekretaris Cabang Kwarcab Kabupaten Tangerang, Kak Dadang Sudrajat sangat terkesan dengan pengelolaan Kelurahan Wukirsari ini. Menurutnya, konsep rintisan kampung Pramuka seperti ini dapat kita adopsi menjadi sebuah inovasi dan dijadikan unggulan Kwarcab Tangerang dalang program kegiatan Pengabdian Masyarakat. 

Hal ini mengingat adanya salah satu program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang yaitu proaktif (produktif dan inovatif). 

Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ziarah ke Makam Kak Sultan Hamengku Buwono IX di Makam Raja-raja, Imogiri, Bantul. (WM/Pusinfo) 

1 thought on “Kampung Batik Giriloyo, Rintisan Kampung Pramuka di Bantul yang Hadirkan Banyak Potensi Wilayah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.